Bab 1 dan 2

Definisi teori akuntansi

Teori akuntansi merupakan bagian penting dari praktik, pemahamannya oleh praktisi dan penuyusun standar akan sangat mendorong pengembangan serta perbaikan menuju praktik yang sehat.

Pendekatan dalam mendifinisi teori akuntansi

Sebagai penalaran logis dalam bentuk seprangkat bentuk prinsip yang luas.

  1. Memberikan kerangka acuan umum yang dapat digunakan untuk menilai praktik akuntansi.
  2. Memberikan arah pengembangan prosedur dan praktek yang baru.

Klasifikasi teori akuntansi

Teori akuntansi dapat dikelompookan dalam 3 tingkatan

  1. Teori yang mencoba menerapkan praktek akuntansi yang sedang berjalan dan meramalkan bagaimana para akuntan harus bereaksi terhadap situasi tertentu.
  2. Teori yang berkonsentrasi pada hubungan antara gejala dan istilah atau symbol yang menunjukannya.
  3. Teori yang menekankan pengaruh laporan serta ikhtisar akuntansi terhadap prilaku dan keputusan.

Manfaat teori akuntansi untuk dunia praktik

Teori akuntansi merupakan bagian penting dari praktik, pemahamannya oleh praktisi dan penuyusun standar akan sangat mendorong pengembangan serta perbaikan menuju praktik yang sehat. Teori akuntansi menjadi landasan untuk memecahkan masalah-masalah akuntansi secaraberalasan atau bernalar yang secara etis dan ilmiah dapat dapat dipertanggungjawabkan. Dengan teori akuntansi orang akan dapat melihat suatu permasalahan dengan perspektif yang lebih luas dan terinci, dan tanpa teori yang melandasinya, praktik akuntansi yang baik dan sehat bisa dipastikan tidak akan tercapai.

Fungsi dan tujuan teori akuntansi

Untuk memberikan seperangat prinsip logis yang saling berkaitan yang membentuk kerangka acuan umum bagi penilaian dan pengembangan praktek akuntansi yang sehat.

Seajarah pengembangan teori akuntansi

Teori akuntansi telah berkembang melalui revolusi yang besar khususnya tahun 1960-an dan tahun 1970-an dan terus berklanjut sampai tahun 1980-an. Selama priode yang sama ini dan sekitar 50 tahun yang lalu pemikiran akuntansi juga telah dikembangkan melalui proses evolusi, perlunya telaah sejarah pemikiran akuntansi beraasal dari hubungan dengan masa lalu.

Sebelum tahun 1930-an teori akuntanssi sebagai suatu pranata penalaran logis yang dirumuskan dengan baik biasanya tidak mendahului praktek akuntansi jika pun benar maka sekaranglah halite dapat dilakukan. Akuntansi berkembang sejalan dengan bertambahnya kebutuhan dan perubahan terjadi secaara berttahap dalam konsep dan teknik akuntasi, tetapi praktek akuuntansi yang baru harus tetap diselaraskan dengan hubungan dengan lembaga ekonomi yang berubah serta tujuan akuntansi.

Penalaran logis dalam pengembangan teori akuntansi

Penalaran merupakan pengetahuan tentang prinsip-prinsip berpikir logis yang menjadi basis dalam diskusi ilmiah. Penalaran memiliki peran yang sangat penting dalam mempelajarai teori akuntansi, karena sifat dari teori akuntansi yang menuntut kemampuan penalaran yang memadai. Pengertian dari penalaran itu sendiri adalah suatu proses berpikir logis dan sistematis untuk membentuk dan mengevaluasi suatu keyakinan terhadap suatu pernyataan atau asersi.

Penalaran dibangun berdasarkan atas tiga unsur penting, yaitu asersi, keyakinan, dan argumen, sedangkan struktur dari penalaran akan menggambarkan ketiga unsur tersebut dalam menghasilkan suatu daya dukung atau bukti rasional terhadap suatu keyakinan mengenai suatu pernyataan.

Penalaran dalam penelitian akuntansi

penalaran induktif didalam akuntansi pada umumnya digunakan untuk menghasilkan suatu pernyataan umum yang menjadi suatu penjelasan atau teori terhadap suatu gejala akuntansi tertentu.

Penalaran deduktif berlangsung dalam 3 tahap yaitu;

  1. Penetuan pernyataan umum yang enjadi basis penalaaran
  2. Penerapan konsep umum kedlam situasi khususyang dihadapi.
  3. Penarikan kesimpulan  secara logis yang berlaku untuk situsi khusus tersebut.

Penalaran dedukti dalam akuntansi digunakan untuk member kenyakinan tentang ksimpulan yang diturun kan  dari premis yang dianut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner
%d blogger menyukai ini: