Pengertian Ekonomi

Pengertian ekonomi menurut kamus adalah ilmu mengenai asas – asas produksi, distribusi dan pemakaian barang- barang serta kekayaan seperti hal keuangan, perindustrian, dan perdagangan. Kangmoes masih ingat, menurut asal bahasanya, sebagian sumber menyebutkan bahwa asal kata ekonomi adalah dari bahasa yunani ‘oikos’ dan ‘nomos’. Kata tersebut secara terpisah berarti rumah tangga (oikos) dan ilmu (nomos).

Dalam pembahasan di dunia pendidikan, ekonomi dimasukkan kedalam jajaran ilmu sosial. Menurut sebagian lieteratur, hal ini karena ekonomi melibatkan permasalahan manusia dan sekitarnya yang menyangkut masalah sosial (lihat pengertian sosial). Meskipun pada kenyataannya ekonomi tidak terlepas dari hitungan-hitungan exact.

Di dalam kajian ilmu ekonomi kangmoes dan anda juga mungkin akan bertemu dengan istilah-istilah ekonomi sebagai berikut;

  • Prinsip ekonomi, yang biasa digambarkan dengan kata-kata: dengan modal yang minimal untuk menghasilkan keuntungan yang optimal.
  • Hukum ekonomi, yang menurut salah satu sumber berarti suatu hubungan sebab akibat atau pertalian peristiwa ekonomi dalam kehidupan ekonomi sehari-hari.
  • Azas Ekonomi, adalah dasar-dasar yang digunakan dalam pengambilan keputusan yang terkait dengan sektor ekonomi.
  • Sistem Ekonomi, adalah pola atau sistem yang dianut oleh suatu negara dalam menentukan kebijakan ekonominya.

Hal-hal di atas bisa saja kita temui ketika menghadapi pembahasan mengenai ekonomi mikro dan ekonomi makro. Ekonomi mikro adalah bidang ilmu ekonomi yang mempelajari variabel-variabel ekonomi dalam lingkup kecil misalnya perusahaan, rumah tangga. Sedangkan ekonomi makro adalah bidang ilmu ekonomi yang berkenaan dengan ruang lingkup yang lebih besar. Contoh yang bisa kangmoes berikan dalam hal ekonomi makro misalnya ekonomi pembangunan.

Kedua hal ini tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Sebagai gambarannya, perubahan dalam sistem ekonomi makro bisa berpengaruh terhadap pola ekonomi mikro. Demikian pembahasan mengenai pengertian ekonomi, meskipun singkat saya harap informasi diatas berguna bagi anda. Jika anda mengetahui ada hal yang keliru dalam artikel pengertian ekonomi ini maupun artikel lain, saya harap anda berkenan untuk membenarkannya.

Galeri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner
%d blogger menyukai ini: